https://bigstar.polban.ac.id/difusi/issue/feed DIFUSI 2019-03-20T15:25:00+00:00 UPPM uppm@polban.ac.id Open Journal Systems <strong>Jurnal Hasil Penelitian &amp; Pengabdian MasyarakatPoliteknik Negeri Bandung.</strong> https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1299 APLIKASI AUDIT MUTU INTERNAL ONLINE STUDI KASUS SPM POLITEKNIK NEGERI BANDUNG 2019-03-20T13:33:07+00:00 Ade Chandra Nugraha chandra@jtk.polban.ac.id Nurjannah Syakrani nurjannahsy@gmail.com <p class="Abstract"><em>Salah satu program </em><em>dari unit </em><em>Sistem Penjaminan Mutu </em>(SPM) <em>di Politeknik Negeri Bandung yang tercantum dalam kalender akademik tahunan adalah Audit Mutu Internal (AMI). </em><em>Dalam tiga tahun terakhir, p</em><em>rogram ini </em><em>telah </em><em>dilaksanakan secara online </em><em>menggunakan </em><em>aplikasi bernama PAMIOL</em><em>. Penyimpanan data hasil Audit dalam PAMIOL </em><em>menggunakan link data </em><em>yang disimpan dalam format </em><em>Excel</em><em> maupun Word.</em><em> Penggunaan dan evaluasi </em><em>terhadap</em><em> PAMIOL sebagai media AMI menunjukkan perlunya perbaikan </em><em>serta</em><em> disain ulang</em><em> aplikasi</em><em>. Berdasarkan analisis PAMIOL dan </em><em>studi</em><em> borang program studi (</em><em>BORANG </em><em>3A) BAN PT</em><em> sebagai salah satu </em><em>instrumen</em><em> audit</em><em>, </em><em>dibuat</em><em> rancangan dan implementasi media audit mutu internal online</em><em> baru</em><em> </em><em>bernama AMIOnline</em><em> untuk perguruan tinggi atau instansi umum</em><em>. AMIOnline</em><em> </em><em>memiliki kemampuan entry pertanyaan audit yang </em><em>bersifat dinamis</em><em>,</em><em> </em><em>mencakup definisi</em><em> model</em><em> pertanyaan, tipe data jawaban, juga formulasi penilaiannya yang dihitung secara otomotis oleh aplikasi ataupun dari entri skor oleh auditor, menghasilkan laporan asesmen, serta pilihan data pendukung untuk laporan AMI.</em><em> Aplikasi ini juga</em><em> memiliki fitur</em><em> merekam data master auditor, auditee dan </em><em>fitur pemetaan penugasan Auditor dengan pengaturan waktu aktif audit oleh admin</em><em>. Pengembangan aplikasi </em><em>AMIOnline </em><em>ini berdasarkan </em><em>metodologi pengembangan perangkat lunak</em><em> waterfall dan </em><em>menggunakan basis data </em><em>rela</em><em>s</em><em>ional. </em><em>Aplikasi AMIOnline sedang dipersiapkan untuk mendukung AMI SPM Polban mulai tahun 2017 dengan kemungkinan modifikasi serta fitur pengembangan template pertanyaan audit lainnya. </em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Kata Kunci</em></strong>: <em>PAMIOL</em>, <em>AMI, </em><em>model pertanyaan, formulasi penilaian, AMIOnline</em>.</p> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1300 PERBAIKAN DESAIN KEMASAN STIK ALE-ALE DAN STIK KANGKUNG PRODUKSI KUB WIDA MANTOLO DI KECAMATAN BENUA KAYONG KABUPATEN KETAPANG 2019-03-20T13:39:18+00:00 Adha Panca Wardanu ap_wardhanu@yahoo.co.id Martanto Martanto martanto2000@yahoo.com Ulyanti Uliyanti iynt_lia@yahoo.com <p><em>Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah membantu memperbaiki desain kemasan mitra agar menarik dan marketable dengan harapan mitra dapat berkembang dan bersaing di pasar yang kompetitif. UKM mitra dalam kegiatan PKM adalah KUB Wida Mantolo dan UKM Karya Mandiri bergerak di bidang pengolahan makanan terutama pengolahan produk olahan perikanan. Kedua UKM mitra memiliki permasalahan yang sama tentang kemasan yang digunakan, yaitu kemasan primer yang masih kurang menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa introduksi kemasan yang marketable dapat memberikan dampak positif bagi kedua UKM, yaitu penggunaan kemasan primer yang dikombinasi dengan Kemasan sekunder yang terbuat dari kemasan du</em><em>s</em><em>. Kemasan tersebut memiliki tampilan yang lebih baik dan informasi yang lengkap sehingga menjadikan image produk lebih meningkat.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>K</em></strong><strong><em>ata Kunci</em></strong><em>: </em><em>Kemasan, Pemasaran, UKM, Ketapang </em></p> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1301 PENGUATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PROMOSI ONLINE PRODUK KELOMPOK UMKM TONGTENGPAKCUR TASIKMALAYA, JAWA BARAT 2019-03-20T14:48:56+00:00 Adila Sosianika adila.sosianika@polban.ac.id Lusianus Kusdibyo kusdibyo@gmail.com Nono Wibisono nn_wibisono@yahoo.com <p><em>Kelompok </em><em>UMKM </em><em>Tongtengpakcur (Kelontong, Tengteng, Opak dan Cucur) di Tasikmalaya merupakan komunitas yang mewadahi para pengrajin makanan ringan khas Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya</em><em> </em><em>dengan berbagai varian produk yang dihasilkan.</em><em> </em><em>Kelompok </em><em>UMKM</em><em> Tongtengpakcur </em><em>dengan jumlah anggota saat ini hampir </em><em>mencapai </em><em>2</em><em>0 UMKM adalah tempat bagi para pengrajin binaan </em><em>Desa Cisayong </em><em>untuk saling belajar, tukar pikiran, membagi informasi maupun peluang usaha dalam hal pengembangan produk serta kiat-kiat peningkatan kinerja bisnis. </em><em>Dari segi pemasaran dan penjualan produk, </em><em>Tongtengpakcur masih sangat terbatas dan belum mampu berkembang seperti yang diharapkan. Kurangnya pemahaman pemilik akan strategi pemasaran mengakibatkan pemasaran produk terbatas hanya di sekitar daerah Cisayong dan Kota Tasikmalaya. Penjualan produk umumnya hanya mengandalkan pemesanan dari instansi setempat atau dengan cara menitipkan produk-produknya ke beberapa toko di kota Tasikmalaya. Tersedianya website dan media sosial Kelompok UMKM Tongtengpakcur diharapkan dapat menjadi solusi bagi mitra karena website dapat menjadi media promosi, komunikasi bahkan mungkin sekaligus transaksi. Melalui website dan media sosial Kelompok UMKM Tongtengpakcur diharapkan produk-produk UMKM binaanya dapat lebih dikenal, semakin banyak juga konsumen yang tertarik membeli produk karena jangkauan pasar lebih luas dan akhirnya berdampak positif pada peningkatan penjualan. </em><em></em></p><p> </p><p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>kinerja pemasaran, umkm, website, promosi media sosial</em></p> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1302 MEMBANGUN POLA BERPIKIR ILMIAH ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN IPA DAN MATEMATIKA POS PAUD MELATI KEL PASIRKALIKI KEC CIMAHI UTARA 2019-03-20T14:54:34+00:00 Ratu Fenny Muldiani ratu.fenny@polban.ac.id Siti Samsiyah Purwaningsih sitisamsiyahpurwaningsih@yahoo.co.id Kunlestiowati Hadiningrum kunlestiowati@polban.ac.id Nani Yuningsih nani.yuningsih@polban.ac.id <p><em>A</em><em>lat peraga edukasi (APE) </em><em>IPA dan Matematika</em><em> selain</em><em> dapat digunakan sebagai </em><em>alat permainan dapat juga dimanfaatkan untuk membangun pola berfikir ilmiah anak. APE dapat dimanfaatkan untuk menggali kemampuan, </em><em>melatih</em><em> konsentrasi, dan </em><em>memperkenalkan</em><em> konsep logika sederhana. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat tahun 2017 ini </em><em>menghasilkan solusi</em><em> untuk POS PAUD </em><em>Melati Kelurahan Pasirkalili berupa</em><em> bantuan APE</em><em> IPA dan Matematika yang sesuai </em><em>dengan kebutuhan kurikulum pendidikan anak usia dini </em><em>dalam mendukung proses belajar mengajar. Bantuan disertai </em><em>modul penggunaan APE </em>sebagai pegangan<em> untuk para pendidik (guru). Keseluruhan kegiatan telah terlaksana </em><em>dengan tuntas, terjadi komunikasi yang efisien dan efektif dengan mitra sehingga tim pengabdian mendapatkan kelancaran dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan rencana. Hasil evaluasi menunjukkan mayoritas jawaban responden pada seluruh item pertanyaan kuisioner adalah “sangat setuju” dan “setuju”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa responden merasakan manfaat dengan terbentuknya pola berpikir ilmiah siswanya melalui bantuan APE dari tim pengabdian masyarakat Polban. Hasil wawancara semua guru menyatakan bahwa bantuan APE yang diberikan dari tim pengabdian Polban sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Pasca pelatihan</em><em> tim pengabdian masyarakat</em><em> tetap melakukan monitoring dan pendampingan kepada mitra untuk memastikan keberlangsungan program setelah pelatihan.</em><em></em></p><p><strong><em> </em></strong></p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em> : POS PAUD, Alat Peraga Edukatif, IPA dan Matematika</em> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1303 PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI PELAYANAN TERPADU DI DESA SUKA MULIA KECAMATAN SUNGAI MELAYU RAYAK KABUPATEN KETAPANG KALIMANTAN BARAT 2019-03-20T14:59:45+00:00 Eka Wahyudi ekawahyudi_algebra@ymail.com Indra Pratiwi indrapratiwirahman@gmail.com <p><em>Aparatur Desa Suka Mulia yang kegiatannya tidak terlepas dengan kegiatan surat menyurat sebagai sarana komunikasi dengan pihak internal dan eksternal organisasi/lembaga/ perusahaan</em><em>/individu membutuhkan peningkatan dalam pelayanan </em><em>masyarakat maupun sistem manajemen surat</em><em>,</em><em> peng</em><em>el</em><em>olaan data dalam sistem surat-menyurat </em><em>yang </em><em>dilakukan secara tepat, cepat, dan akurat sehingga proses pelayanan terhadap masyarakat bis</em><em>a</em><em> lebih efektif dan efisien. </em><em>Selama ini</em><em> aparatur desa masih menggunakan sistem manual pada proses pembuatan dan pengarsipan surat menyurat sehingga peng</em><em>el</em><em>olaan menjadi kurang efisien. Tujuan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah memberikan solusi alternatif dalam menghadapi kendala yang ada tersebut dengan memberikan pelatihan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan serta pendampingan kepada perangkat desa dalam menerapkan cara penggunaan aplikasi dan memanfaatkan komputer dalam mempermudah pelayanan publik sehingga pelayanan publik terhadap masyarakat di desa Suka Mulia akan lebih baik, cepat dan tepat. Metoda pendekatan dalam menyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan melakukan Metode Transfer Teknologi (Ipteks) melalui pelatihan, praktek, dan pendampingan tentang penggunaan Aplikasi Pelayanan Terpadu sesuai standar dan mengenalkan pada mitra tentang Aplikasi Pelayanan Terpadu yang lebih baik, efisien, dan cepat sehingga proses pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan/pelatihan, dan monitoring. Hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat diukur dari kemampuan dan keberhasilan masyarakat dalam menerima, memahami, dan menerapkan Aplikasi Pelayanan Terpadu secara konsisten dan kontinu, serta proses pelayanan kepada masyarakat menggunakan Aplikasi Pelayanan Terpadu lebih mudah, cepat dan akurat. </em></p><p><em> </em></p><p><em> </em></p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em> : Pemberdayaan, Masyarakat Desa, Pelayanan Terpadu, Aplikasi</em> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1304 PEMANFAATAN SOFTWARE FOTOGRAFI UNTUK BERWIRAUSAHA MOBILE DIGITAL PRINTING 2019-03-20T15:06:18+00:00 Fitri Diani fitri@jtk.polban.ac.id Irwan Setiawan irwan@jtk.polban.ac.id <p><em>Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Karang Taruna RW 07 dan Karang Taruna RW 11 Desa Karyawangi Kecamatan Parompong, merupakan Karang Taruna yang memiliki anggota sebanyak 20 orang terdiri dari usia 15-40 tahun, dengan rata-rata pendidikan terakhir adalah SMP atau sederajat. Keterbatasan ilmu dan modal menjadikan kedua karang taruna tersebut kurang berkembang dan tidak dapat memenuhi fungsinya. </em><em>Pada kegiatan ini dilaksanakan</em><em> kegiatan dengan tema <strong>“Pemanfaatan Software Fotografi untuk Berwirausaha Mobile Printing”</strong>. Software fotografi mobile </em><em>yang digunakan adalah <strong>Software TouchReTouch</strong>, <strong>StickIt</strong>, <strong>BackgroundEraser</strong>, <strong>AthumbCut</strong>, dan <strong>PicsArt</strong>. Pendekatan transfer pengetahuan kepada mitra menggunakan <strong>Nonaka’s Model.</strong></em><strong><em> </em></strong><em>Metoda pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan dan workshop. Pelatihan yang diberikan antara lain pelatihan Desain Grafis dan Kewirausahaan, sedangkan workshop yang diberikan meliputi praktik desain dan kewirausahaan. Setelah kegiatan pelatihan dan workshop, dilakukan monitoring dan pembimbingan terhadap mitra. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan individu / kelompok yang dibuktika dengan dapat memperbaiki kinerja organisasi dalam mencapai fungsinya di masyarakat melalui kegiatan praktik secara langsung. Praktik ini sebagai alat untuk menguji kesuksesan transfer pengetahuan kepada mitra dalam mengimplementasikan pengetahuan yang sudah didapatkan selama pelatihan.</em></p><p> </p><strong><em>Kata kunci </em></strong><em>: Karang Taruna, Fotografi, Entrepreneurship, Mobile Digital Printing <strong> </strong></em> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1305 PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS ONLINE UNTUK KEMUDAHAN PEMUTAKHIRAN DATA PENDUDUK DAN ASET DI LINGKUNGAN RT.01/RW.26 DAN RT.02/RW.26 KELURAHAN CIPAGERAN KECAMATAN CIMAHI UTARA 2019-03-20T15:16:40+00:00 Yackob Astor yackobastor@polban.ac.id Mochammad Yusuf moch.yusup@polban.ac.id <p><em>Fenomena migrasi penduduk (dari luar ke dalam mapun dari dalam ke luar) di RT.01/RW.26 dan RT.02/RW.26 seringkali tidak diikuti oleh kegiatan pencatatan data penduduk oleh Ketua RT.01/RW.26 dan RT.02/RW.26. Padahal tidak sedikit warga di RT.01/RW.26 dan RT.02/RW.26 yang berstatus menetap sementara dalam jangka waktu tertentu untuk melaksanakan studi maupun bekerja. Implikasi dari fenomena tersebut menyebabkan terjadi perbedaan jumlah penduduk maupun perbedaan identitas penduduk yang tercatat di RT.01/RW.26 dan RT.02/RW.26 dengan catatan kependudukan (Buku Induk) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Cimahi. Perbedaan ini berdampak pada beberapa warga di RT.01/RW.26 dan RT.02/RW.26 di Kelurahan Cipageran belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tidak tercantum di Kartu Keluarga (KK), maupun kesalahan penulisan identitas di KTP, KK dan surat lainnya.</em><em> </em><em>Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Kependudukan dengan cara memanfaatkan aplikasi ArcGIS Online untuk kemudahan pemutakhiran data penduduk dan aset di Kelurahan Cipageran</em>. <em>ArcGIS Online dapat meminimalkan kesalahan penulisan data penduduk, membangun keterpaduan data penduduk dan aset antar RT dalam satu RW maupun kelurahan, serta memudahkan dalam proses sharing data penduduk. Sistem ini mudah dioperasionalkan, memberikan informasi geografis yang aktual, tidak membutuhkan biaya besar, dan dapat dioperasionalkan dimana dan kapan saja.</em></p><p><strong><em> </em></strong></p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: sistem informasi geografis on line, data penduduk, aset</em> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI https://bigstar.polban.ac.id/difusi/article/view/1306 PELATIHAN PENYUSUNAN PROFIL WISATA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA SUDAJI, KABUPATEN BULELENG 2019-03-20T15:25:00+00:00 Ni Made Ary Widiastini ary.widiastini@gmail.com Nyoman Dini Andiani demeilovedini@gmail.com Putu Indah Rahmawati putuindah@yahoo.co.id I Wayan Putra Yasa yanputra666@gmail.com Gede Wirata wirata_gede@yahoo.com <p><em>Tersedianya informasi yang berbasis teknologi saat ini merupakan tuntutan bagi berbagai pelaku usaha pariwisata, termasuk desa wisata. Dalam hal ini informasi pariwisata yang baik, terpercaya dan terbaharukan sangat dibutuhkan agar sebuah destinasi wisata mampu diketahui dan dikenal dengan baik, khususnya bagi wisatawan. Profil desa wisata yang merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan jenis kepariwisataan yang dikembangkan di suatu desa sangat penting untuk disusun dan diketahui oleh pihak masyarakat yang terlibat di dalam pengembangan desanya sebagai desa wisata, serta dipublikasikan kepada pihak yang akan berkontribusi positif terhadap pengembangan pariwisata di desa tersebut. Desa Sudaji yang telah mengembangkan dirinya sebagai desa wisata, belum memiliki data profil desa wisata yang dibutuhkan untuk menginventarisasi data desanya, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya budaya, prasarana pariwisata, dan sarana pariwisata. Data tersebut sangat penting untuk tahap pengembangan selanjutnya, agar kegiatan pariwisata dapat dilakukan secara bertahap, terkoordinasi dan berkelanjutan. Pada kegiatan pengabdian ini, penyusunan profil desa wisata yang dilakukan secara manual, dimasukkan ke dalam sistem teknologi dengan tujuan untuk mempermudah akses informasi oleh pihak yang membutuhkan data untuk pembangunan dan pengembangan desa, khususnya Desa Sudaji. Diharapkan dengan tersedianya profil desa wisata di Desa Sudaji secara lengkap, valid dan selalu terbaharui dapat berguna untuk kemajuan desa wisata yang dikembangkan di desa tersebut.</em></p><p> </p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Pariwisata, Pedesaan, Profil, Desa Sudaji</em> 2018-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 DIFUSI